INOVASI KURIKULUM PESANTREN DALAM MEMPROYEKSIKAN MODEL PENDIDIKAN ALTERNATIF MASA DEPAN
Abstract
Kurikulum merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi, serta proses pendidikan. Kurikulum merupakan suatu bidang studi, yang ditekuni oleh para ahli atau spesialis kurikulum, yang menjadi sumber konsep-konsep atau memberikan landasan-landasan teoritis bagi pengembangan kurikulum berbagai institusi pendidikan. Inovasi atau pembaharuan suatu kurikulum perlu dilakukan mengingat kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan, harus menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakat yang senantiasa berubah dan terus berkembang. Perubahan kurikulum dimulai dari perubahan konseptual yang fundamental kemudian diikuti oleh perubahan struktural. Pada umumnya perubahan kurikulum menyangkut komponen kurikulum yaitu : a). Perubahan dalam tujuan kurikulum, b). Perubahan isi dan struktur kurikulum, c). Perubahan strategi kurikulum, d). Peubahan sarana kurikulum, e). Perubahan dalam sistem evaluasi kurikulum.