KEBIJAKAN DAN PELAYANAN PEMBIAYAAN MURABAHAH TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH

Abstract

AbstrakJenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di PT. Bank Sulselbar Syariah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan pembiayaan Murabahah terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Sulselbar Syriah Cabang Makassar. Dalam penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu PT. Bank Sulselbar sebagai  X1, pelayanan pembiayaan Murabahah sebagai X2, dan tingkat kepuasan nasabah sebagai Y.Total Sampling   dalam penelitian ini berjumlah 75 orang. Untuk gambaran pemgaruh pelayanan pembiayaan Murabahah, peneliti menggunakan lembar observasi dan wawancara bebas dan angket pada nasabah dan karyawan PT. Bank Sulselbar Cabang Makassar. Selanjutnya, data yang diperoleh melalui instrument tersebut kemudian diolah dengan bantuan aplikasi Partial Least Square (PLS) 2.0Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis yang menggunakan uji t  menunjukkan bahwa nilai thitung lebih kecil  dari pada nilai ttable sehingga Ho diterima dan Ha diterima. Artinya pelayanan pembiayaan murabahah berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah pada PT. Bank Sulselbar Syariah Makassar.Kata Kunci: Kebijakan, Pelayanan, Pembiayaan Murabahah, Kepuasan NasabahAbstractThis type of research is a quantitative research conducted at Bank Sulselbar Ltd.Company Makassar Sharia Branch. This research includes quantitative research that aims to determine the effect of Murabahah financing services on the level of customer satisfaction at  Bank Sulselbar Ltd.Company Makassar Sharia Branch Office. In this study consists of three variables, namely Ltd.Company Bank Sulselbar as X1, Murabahah financing service as X2, and customer satisfaction level as Y.Total Sampling in this research amounted to 75 people. To illustrate the influence of Murabahah financing service, the researcher uses observation sheets and free interviews and questionnaires to customers and employees of Bank Sulselbar Ltd.Company Makassar Sharia Branch Office. Furthermore, the data obtained through the instrument is then processed with the help of Partial Least Square (PLS) 2.0 applicationThe results showed that the results of analysis using t test showed that the value of tarithmetic smaller than the value of ttable so H0 accepted and Ha accepted. It means service murabahah financing affects the level of customer satisfaction at Ltd.Company Bank Sulselbar Makassar.Keywords: Murabaha service, customer satisfaction