LABELISASI HALAL TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK MAKANAN SESUAI HUKUM ISLAM

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Baggaimana Tanggapan tentang Labelisasi Halal di benak masyarakat dan dan memilih produk Makanan syar’ih dalam keputusan Pembelian. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel, yaitu Labelisasi Halal, Perilaku Konsumen, dan Produk Makanan Syar’ih.Pengambilan sample dalam penelitian ini berjumlah 66 orang, peneliti menggunakan skala kepribadian, lembar observasi berupa Pengisian angket oleh konsumen. Selanjutnya, data yang diperoleh melalui instrument tersebut kemudian diolah melalui analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi Partial Least Square (PLS).Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis inferensial yang menggunakan uji t dengan rumus regresi linear berganda menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t table sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Pengaruh Labelisasi Halal terhadap perilaku konsumen memilih produk makanan Syar’ih sangat berpengaruh pada Masyarakat diKec. Tamalate Makassar (studi kasus kelurahan Mangasa). Berdasarkan uraian kesimpulan tersebut, sebagai bentuk implikasi dari penelitian ini diharapkan agar Masyarakat lebih memperhatikan lagi label halal pada produk makanan pada saat keputusan pembelian.Kata Kunci: Labelisasi Halal, Produk Makanan Syar’ih,  Keputusan Pembelian