Sistem Informasi Administrasi Pasien Pada Klinik Su’adah Palembang Berbasis Web (Studi Kasus: BPS Provinsi Sumsel)

Abstract

Klinik merupakan fasilitas medis yang menyediakan fasilitas perawatan yang dikhususkan untuk pasien rawat jalan. Sebagai salah satu pelayanan umum, klinik membutuhkan keberadaan suatu sistem informasi yang akurat dan handal, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanannya kepada para pasien serta lingkungan yang terkait lainnya. Pengelolaan data pada klinik merupakan salah satu komponen yang penting dalam mewujudkan suatu sistem informasi. Oleh Karena itu seharusnya klinik telah memanfaatkan semua sistem informasi yang ada, namun salah satu klinik yang belum secara maksimal menerapkan sistem informasi yaitu Klinik Su’adah Palembang. Berdasarkan survei yang dilakukan penulis mengenai masalah yang ada pada klinik Su’adah yaitu yaitu banyaknya keluhan pasien pada proses pendaftaran atau Registrasi Pasien disebabkan lamanya proses antrian dan sering terjadi kesalahpahaman antara pasien yang mendaftar dengan cara datang langsung ke klinik dengan pasien yang mendaftar melalui telepon. Sistem yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai DBMS. Adapun metode pengembangan yang digunakan adalah metode Waterfall dan menggunakan PIECES sebagai metode analisa. Dengan adanya sistem yang dibuat dapat memudahkan pasien dalam melakukan proses pendaftaran tanpa harus datang langsung ke klinik serta dapat memudahkan pihak pegawai administrasi klinik untuk melakukan pengolahan data klinik.