Sistem Informasi Parkir Inap di PT. Angkasa Pura II Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Abstract

PT. Angkasa Pura II merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam bidang usaha pelayanan jasa kebandarudaraan dan pelayanan jasa terkait. Aktivitas di lingkungan perusahaan mencakup pelayanan jasa di bidang kebandarudaraan dan komersial. Dan di bagian komersial ada tiga bagian yaitu ada bagian pelayanan komersial, bagian pelayanan parkir dan bagian pusat pelayanan keamanan seputaran bandara. Permasalahan dari sistem sebelumnya belum adanya laporan hasil akhir yang dimana tidak ada keterkaitan antara pegawai di bidang komersil dan pihak atasan untuk melihat hasil laporan. Solusi dari sistem pelayanan parkir inap pengemudi akan meletakkan kendaraannya di lahan parkir inap yang dimana kendaraan tersebut akan didata oleh pihak petugas dengan mencatat nomor polisi yang terpampang di depan kendaraan dan kendaraan tersebut dimasukan dalam kategori masuk dan diberikan kategori keluar bila kendaraan tersebut sudah keluar dari area parkir inap dengan syarat dan ketentuan yang berlaku dari hasil parkir setiap bulannya akan di berikan laporan kepada pihak pegawai untuk ditindak lanjut prosedurnya. Sistem Informasi Parkir Inap pada PT. Angkasa Pura II Palembang Berbasis Web dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Sistem ini dibangun diharapkan membantu pihak PT. Angkasa Pura II Palembang dalam pelayanan jasa khususnya di area parkir.