EKSTRAKURIKULER DALAM MENGEMBANGKAN DIRI PESERTA DIDIK DI LEMBAGA PENDIDIKAN

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari keinginan madrasah dalam mengembangkan bakat dan minat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler. Seperti kegiatan muhadharah dan kaligrafi peserta didik. Tujuan penelitian ini ingin menggambarkan pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler muhadharah dan kaligrafi  dalam mengembangkan diri peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis  deskriptif. Sunber data atau informan adalah guru pembina kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik kelas VIII dan Kepala Sekolah MTsN Tapan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Kegiatan ekstrakurikuler seperti muhadharah ternyata mampu mengembangkan diri peserta didik. Hal itu ditunjukan dengan tumbuhnya rasa percaya diri dan meningkatnya kemampuan komunikasi peserta didik. Kegiatan ekstrakulikuler dalam bentuk kegiatan kaligrafi ternyata dapat menumbuhkan rasa sabar, teliti, dan kreatif. Hal tersebut dibuktikan dengan kemampuan melukis kaligrafi dengan corak yang lebih baik, halus, dan beragam gaya. 2) Peningkatan pengembangan diri peserta didik selain karena faktor dalam diri mereka juga didukung oleh perhatian dan kebijakan kepala sekolah seperti menyediakan fasilitas latihan, dan pelatih yang profesional. Sedangkan kendalanya adalah waktu latihan yang kurang,  sarana prasarana pendukung yang belum memadai.