PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Abstract

Artikel ini mencoba untuk mendeskripsikan hasil pengembangan perangkatpembelajaran kontekstual dengan strategi think talk write (TTW) padamateri kubus dan balok yang baik untuk kelas VIII. Mendeskripsikankeefektifan pembelajaran kontekstual dengan strategi think talk write(TTW) pada materi kubus dan balok untuk kelas VIII denganmenggunakan perangkat yang telah dikembangkan. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan. Model Pengembangan perangkat padapenelitian ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan 4 D modelyang terdiri atas tahap pendefinisian (define), perancangan (design),pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate), untuk tahappenyebaran yang dilakukan adalah tahap penyebaran terbatas. Perangkatpembelajaran yang dihasilkan berupa: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Lembar Penilaian.Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Think Talk Write, Kubus danBalok.