IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK THREE-TIER PADA HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi model pembelajaran kooperatif berdasarkan pemahaman tentang masalah-masalah siswa dalam konsep fluida dinamis. Penelitian ini dilakukan di kelas XI-A1 dan XI-A2 di SMAN 10 Depok. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes yang berupa esai. Uji data instrumen akan dianalisis secara kuantitatif. Penggabungan data, diperoleh hasil bahwa ada interaksi model yang kooperatif berdasarkan hasil pemecahan masalah siswa dalam konsep cairan fluida.Hasil pengujian hipotesis terhadap data posttest menunjukkan bahwa nilai tanda adalah 0,014 dan nilai α adalah 0,05. Ini menunjukkan tanda yang lebih rendah dari α, jadi Ha diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif berdasarkan jawaban yang lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa tanpa masalah. Hasil dari pembelajaran siswa kelas eksperimen unggul dalam setiap tes indikator dengan kategori N-gain tinggi dan sedang.