INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL (Studi Penilaian Sikap Sosial pada mata pelajaran Fikih di Jurusan Tehnik dan Bisnis Sepeda Motor SMK Muhammadiyah 1 Patuk)
Abstract
Sisdiknas 20/2003, UU No. 20 Tahun 2003 tentang menjelaskan tujuan pendidikan nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tersurat bahwa tujuan pendidikan nasional tersebut dicapai melalui sejumlah kompetensi agar menjadi manusia Indonesia yang diharapkan. Tujuan tersebut juga sangat komprehensif yang disimpulkan ke dalam kompetensi-kompetensi tertentu. Dalam kurikulum 2013 terdapat KI 1 dan KI 2 yang berisi kompetensi sikap, yang terbagi atas sikap spiritual dan sikap sosial. Hadirnya KI 1 dan KI 2 diharapkan mampu mewujudkan tujuan pendidikan yang komprehensif tersebut Memahami KI 1 dan KI2 pada Kurikulum 2013 tentu kita akan melihat pemikiran yang berbeda dengan KTSP 2006. Hal lain juga ditemui dalam sistem penilaiannya. Dengan tujuan yang komprehensif, tentu dalam penilaian juga membutuhkan penilaian yang komprehensif serta aoutentik. Kata kunci: Penilaian, Sikap, Autentik