Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar melalui permainan tradisional Sumatera Barat dalam meningkatkan perilaku sosial. Penelitian ini dilakukan di TK Aster Indah Korong Balai Satu, Provinsi Sumatera Barat pada bulan April 2019. Subjek penelitian adalah kelompok A sebanyak 10 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Prosedur penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Dilakukan untuk 12 pertemuan dibagi menjadi dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari evaluasi siswa pada setiap siklusnya adalah sebagi berikut: siklus I 65,02% dari siswa yang sudah mencapai skor 75, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 84,25% dari siswa yang sudah mencapai skor 75. Simpulan penelitian ini bahwa permainan tradisional Sumatera Barat efektif digunakan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan perilaku sosial anak di TK Aster Indah Korong Balai Satu Provinsi Sumatera Barat.