Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui  peranan metode bercerita dengan media boneka tangan serta big book dan harga diri dalam meningkatan kemampuan berbicara anak usia 7-8 tahun (siswa kelas I SD) di Kecamatan Sawah Besar. Penelitian ini dilakukan karena banyak anak kelas 1 SD yang memiliki kemampuan berbicara yang rendah. Penelitian dilaksanakan di SD Budi Mulia dan SD At-Taqwa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan design penelitian treatment by level 2 x 2. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Data penelitian diperoleh melalui pengisian angket dan lembar observasi. Pengujian persyaratan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, uji normalitas menggunakan teknik uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan teknik uji barlett sedangkan untuk menentukan hipotesis dalam penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur 2x2. Hasil dari penelitian ini yaitu metode bercerita menggunakan media boneka tangan dan big book serta harga diri dapat meningkatkan  kemampuan berbicara anak.