Peningkatan Kemampuan Konsep Matematika Awal Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Papan Semat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan konsep matematika awal pada aspek bilangan dan geometri  anak usia 4-5 tahun melalui media papan semat. Penelitian tindakan ini menggunakan prosedur kerja yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggard. Teknik analisis data adalah analisis data kualitatif  dan analisis data kuantitatif.Guru kelas sebagai kolaborator bersama peneliti melakukan kegiatan  dari proses perencanaan, tindakan, observasi hingga  proses evaluasi. Hasil penelitian  tidak  dapat mengeneralisasi pada setiap permasalahan.  Hasil Penelitian ini dapat menyumbangkan pemikiran untuk membantu menjawab permasalahan di PAUD Permata Ibu Ceria Jakarta Timur. Dari penelitian yang dilakukan ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan matematika awal pada anak usia 4-5 tahun . yaitu ada peningkatan dari pra siklus  yang hanya mencapai 26,67 meningkat menjadi 48,53 persen dan meningkat lagi pada siklus II  mencapai 72,53 % hingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan papan semat dapat memberikan solusi untuk meningkatkan kemampuan konsep matemtika awal anak usia 4-5 di PAUD Permata Ibu Ceria