وسطية التربية الإسلامية وانعكاساتها في المناهج الدراسية الأزهرية
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana moderasi pendidikan Islam dan sejauh mana moderasi kurikulum pendidikan dasar dan menengah di sekolah-sekolah Al-Azhar di Mesir. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dan penelitian pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam itu mempunyai filsafat yang moderat, baik dalam pandangannya terhadap hakikat manusia, alam, kehidupan, tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Pendidikan Islam juga sangat moderat dalam berbagai aspeknya, baik jasmani, rohani, akal, maupun pendidikan sosial. Pendidikan Islam juga mempunyai pandangan yang moderat terhadap orisinalitas dan modernitas, khususnya pada sumber-sumber pendidikan, metode pengajaran maupun dalam sistem evaluasinya. Penelitian ini juga mengindikasikan bahwa kurikulum pendidikan dasar dan menengah sekolah-sekolah Al-Azhar Mesir sangat moderat dalam materinya.