PENGEMBANGAN WORKBOOK PADA TEMA SISTEM TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan workbook pada tema sistem transportasi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP Kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (RnD) Thiagarajan dengan desain penelitian kuasi-eksperimen. Tahapan penelitian ini terdiri dari tahap 1 define; tahap 2 design; tahap 3 development; tahap 4 dissemination. Aspek keterampilan berpikir kritis dalam penelitian ini mengacu pada kerangka kerja Robert H.Ennis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa workbook yang dikembangkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan perolehan N-gain berturut-turut sebesar 0,68 dan 0,66 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan  hasil perhitungan uji dampak, diperoleh nilai 1,57 untuk peningkatan keterampilan berpikir kritis sehingga termasuk dalam kategori efektif. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan, workbook  yang telah dikembangkan ini efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII.