PERAN WANITA HINDU DALAM MENUMBUH KEMBANGKAN PENDIDIKAN BUDHI PEKERTI ANAK USIA DINI DI DESA SAUSU GANDASARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab, kendala, dan aktivitas wanita Hindu  dalam menumbuhkembangkan pendidikan budhi pekerti anak-anak usia dini di desa Sausu Gandasari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, interview (wawancara) dan studi dokumentasi. Strategi analisis deskriptif-kualitatif  dan analisis verifikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemerosotan budhi pekerti anak disebabkan beberapa hal: ketimpangan pendidikan dan perubahan pola kerja keluarga, kurang pegangan pengetahuan dan moral, serta budaya matrealistis. Aktivitas penumbuhkembangan meliputi: pengajaran disiplin belajar, bermain, beribadah, membantu orang tua dan Dharmagita. Kendala yang dihadapi meliputi kendala internal dan eksternal.