PENDEKATAN KUALITATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM: MENGHUBUNGKAN PENDIDIKAN DI RUMAH DAN DI KELAS

Abstract

Lingkungan keluarga/orang tua, merupakan lembaga pendidikan pertama bagi anak didik. Dalam keluarga, anak didik, untuk pertama kalinya, disiapkan orang tua mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan. Oleh karena itu, orang tua harus mampu menciptakan kondisi pembelajaran yang kondisif. Pada dasarnya pendidikan di sekolah merupakan bagian dari pendidikan dalam keluarga, yang sekaligus merupakan lanjutan dari pendidikan dalam keluarga. Tidak semua tugas mendidik dapat dilaksanakan oleh orang tua dalam keluarga,terutama dalam hal ilmu pengetahuan dan berbagai macam keterampilan. Oleh karena itu dikirimkan anak ke sekolah. Peranan sekolah sebagai lembaga yang membantu lingkungan keluarga, maka sekolah bertugas mendidik dan mengajar serta memperbaiki dan memperhalus tingkah laku anak didik yang dibawa dari keluarganya.