The IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (THE IMPLEMENTATION OF MULTICULTURALISM VALUES THROUGH LEARNING OF ISLAMIC RELIGION EDUCATION)

Abstract

Pendidikan multikultural adalah suatu proses yang dilakukan secara sadar dan terencana untuk mewujudkan peserta didik agar dapat berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat sebagai warga Negara yang bijaksana. Pembelajaran pendidikan agama Islam memiliki pranan penting dalam menanamkan nilai-nilai multikulturalisme  kepada peserta didik yang bersumber dari ajaran Alquran dan hadis supaya mampu menciptakan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu tujuan dari implementasi nilai-nilai multikulturalisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah agar peserta didik bisa menjadi ummatan wasatan yakni memiliki kompetensi amal sholeh serta mampu mengaktualisasikanya dalam kehidupan pribadi dan sosial. Keberhasilan pendidikan multikultural adalah peserta didik, ditandai dengan perbedaan kultur, ras, etnik, dan agama, sehingga mencapai kesetaraan dan rasa keadilan, maka implementasi pendidikan multikultural menawarkan satu alternatif melalui penerapan strategi dan konsep pendidikan berbasis pemanfaatan keragaman yang ada di lingkungan sekolah. Pendekatan multikultural merupakan strategi pendidikan yang memanfaatkan keberagaman latar belakang kebudayaan dari para peserta didik sebagai salah satu kekuatan untuk membentuk sikap multikultural. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan sumbangsi pemikiran kepada guru dan praktisi pendidikan tentang implementasi pendidikan multikultural dengan memanfaatkan pembelajaran pendidikan agama islam.