Pengembangan Modul Fisika pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis dengan Menggunakan Model Discovery Learning di SMAN 5 Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum adanya bahan ajar berbasis discovery learning yang digunakan dalam pembelajaran fisika di SMAN 5 Banjarmasin. Oleh sebab itu, penelitian pengembangan modul fisika pada pokok bahasan listrik dinamis dengan menggunakan model discovery learning pada siswa kelas X 8 SMAN 5 Banjarmasin. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan:  (1)  validitas  modul,  (2)  kepraktisan modul, (3) efektivitas modul (4) pencapaian keterampilan proses sains dan (5) pencapaian sikap ilmiah dengan modul fisika yang dikembangkan menggunakan model discovery learning. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan desain ADDIE. Data diperoleh melalui lembar validasi modul, lembar keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar siswa,  lembar  pengamatan  keterampilan  proses  sains  dan  lembar  pengamatan  sikap ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas modul yang dikembangkan berkategori sangat baik, (2) kepraktisan modul berdasarkan lembar keterlaksanaan RPP berkategori   sangat   baik,   (3)   efektivitas   modul   bernilai   efektif,   (4)   pencapaian keterampilan proses sains dikategorikan baik dan (5) pencapaian sikap ilmiah bernilai baik. Diperoleh simpulan bahwa modul fisika pada pokok bahasan listrik dinamis dengan menggunakan model discovery learning layak digunakan dalam pembelajaran.