Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A

Abstract

Kemampuan sosial emosional merupakan salah satu dari pendukung multiple intelligence. Skill ini mutlak diperlukan bagi setiap individu untuk menghadapi lingkungan masyarakat di sekitarnya. Sehingga lebih baik jika kemampuan ini di latih sejak usia dini. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial emosional pada anak usia dini melalui bermain permainan tradisional raba-raba di PAUD IT Islamic Centre Bengkulu Tengah. Subjek penelitian ini adalah 10 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi anak dan guru berupa check-list. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan sosial emosional yang dikembangkan pada penelitian ini yaitu sabar, mandiri, peduli, menghargai, tanggung jawab, dan sosialisasi mengalami peningkatan. Peningkatan terjadi pada setiap pertemuan pada siklus I dan II. Pada siklus I 59,7% mengalami peningkatan 28,55% pada siklus II menjadi 88,25%. Ini berarti menggunakan metode bermain permainan tradisional raba-raba dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak kelompok A PAUD IT Islamic Centre Bengkulu Tengah.