Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas kolase dengan media serutan pensil pada perkembangan motorik halus anak-anak, Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi dan wawancara dengan total sampel 13 anak. Hasil dari penelitian ini 11 anak memiliki berkembang sangat baik dan 2 orang belum berkembang. Anak yang belum berkembang dipengaruhi oleh penghinaan anak, karena anak ini selalu ingin membantu orang lain. Setiap individu memiliki potensi untuk mengalami masalah anak usia dini. Salah satu masalah individu pada anak usia dini adalah perkembangan motorik halus. Perkembangan motorik halus berkaitan dengan pengembangan kemampuan dalam menggunakan jari untuk menggunakan berbagai kegiatan seperti montion, menempel, mencubit, memotong, melukis, dan lain-lain. Masalah perkembangan motorik halus ditemukan pada anak usia 5-6 tahun yang memiliki masalah dalam melakukan kolase. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah layanan, bimbingan dan konseling. Layanan, bimbingan dan konseling yang dapat diterapkan adalah layanan konsultasi dengan metode permainan.