PENGARUH METODE FERNALD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD MEKAR SARI PENARIK MUKOMUKO

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak di PAUD Terpadu Mekar Sari Penarik Mukomuko. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A1 dengan jumlah 14 anak PAUD Terpadu Mekar Sari Penarik Mukomuko tahun ajaran 2016/2017. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan tes. Tekhnik analisis data menggunakan Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Fernald terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini, dengan hasil yaitu c²hitung = 28 lebih besar dari c²tabel pada siginifikansi 5%= 22,362. Saran bagi guru agar dapat menggunakan metode Fernald untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak.