MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE KARYAWISATA PADA ANAK KELOMPOK B LAB SCHOOL PAUD UNIB KOTA BENGKULU

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode karyawisata dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Lab School PAUD UNIB Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan selama dua siklus dan tiga kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah 8 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dengan teknik analisis data menggunakan uji rata-rata dengan persentase untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan berbicara anak dapat ditingkatkan melalui metode karyawisata, denganĀ  ketuntasan belajar 84,2% rata-rata keterampilan berbicara anak 4,21 (Baik). Dari hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan bagi guru untuk menerapkan metode karyawisata dalam meningkatkan keterampilan berbicara, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini dengan mengamati keterampilan berbicara anak dengan metode yang lain seperti metode bercakap-cakap dan metode berceria.