PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP SISWA KELAS I SDN 81 PEKANBARU

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan membaca siswa kelas satu SDN 81 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah ini adalah dengan menggunakan metode struktural analitis sintetis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa SDN 81 Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2018. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I tahun akademik 2017 - 2018 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya 15 siswa atau 60%. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 18 siswa atau 72%. Pada siklus kedua meningkat lagi mencapai 23 siswa atau dengan persentase 92%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan metode struktural analitik sintetis dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa SDN 81 Pekanbaru.