PENERAPAN METODE INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman membaca Bahasa Indonesia pada siswa kelas empat sekolah dasar negeri 176 Pekanbaru. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menerapkan metode integratif. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia aspek pemahaman bacaan dengan penerapan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru dan untuk menggambarkan peningkatan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri 176 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan mulai 25 Juli / 11 Mei 2018. Untuk mata pelajaran dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas dari 176 sekolah siswa Pekanbaru 2017-2018 jumlah siswa 38 orang, terdiri dari 22 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian perhatikan peningkatan hasil belajar siswa dari tindakan sebelumnya, siklus pertama dan siklus kedua. Pada siswa penguasaan pre-action hanya mencapai 44,74% atau 17 siswa yang tuntas, siswa yang lulus siklus I meningkat menjadi 23 orang atau kelengkapan hanya mencapai 60,53%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa pada 33 siswa atau persentase 86,84%. Dengan demikian yaitu penerapan metode integratif untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia dengan penerapan metode integratif pada Siswa Empat Tahun Sekolah Dasar Negeri Pekanbaru.