PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model kooperatif tipe think pair and share pada pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 005 Gunung Malelo. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan evaluasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa materi peninggalan sejarah kerajaan Hindu, Budha, dan Islam kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu pada siklus I pertemuan 1 siswa yang tuntas ada 4 orang siswa dengan persentase 18%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 siswa yang tuntas ada 8 orang siswa dengan persentase 36%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 siswa yang tuntas ada 12 orang siswa dengan persentase 54%. Terakhir pada siklus II pertemuan 2 siswa yang tuntas ada 17 orang siswa dengan persentase 77%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipeĀ Think Pair and Share dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi peninggalan sejarah kerajaan Hindu, Budha, dan Islam kelas V SDN 005 Gunung Malelo Kecamatan Koto Kampar Hulu.