Implementasi Sistem Monitoring Pelayanan Desa Melung Kecamatan Kedung Banteng
Abstract
Pemerintah desa adalah institusi terdepan yang meberikan layanan kepada masyarakat, setiap hari hampir selalu ada masyarakat yang meminta layanan ke pemerintahan desa. Proses pelayanan administrasi desa dilakukan di Balai Desa, dimana perangkat desa bertugas sebagai petugas yang melayani pemberian layanan administrasi bagi warganya. Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah merupakan salah satu desa yang sudah memiliki akses internet. Dampak tersedianya akses internet didesa tersebut memberikan kemudahan dalam mengakses situs-situs di internet. Dengan kemudahan ini diharapkan dapat membuat suatu terobosan baru untuk mempermudah proses monitoring layanan di Desa tersebut. Proses pelayanan administrasi desa yang ada di Desa Melung masih menggunakan sistem manual Melalui sebuah wawancara dengan Kepala Desa Melung, Khoerudin, beliau merasa bahwa dalam pemberian layanan administrasi desa yang dilakukan secara manual masih memiliki dampak yang perlu diperhatikan dalam jangka panjang, seperti lambatnya proses pemberian layanan, kurangnya proses monitoring terhadap layanan yang telah diberikan dan sulitnya pencarian data yang saling berkaitan. Solusi yang berusaha diberikan adalah dengan mengimplementasikan sistem informasi monitoring layanan desa, dimana dengan system ini selain ada percepatan pemberian layanan dan kecepatan dalam pencarian data yang saling berkaitan, yang tidak kalah pentingnya adalah dapat termonitornya proses permberian layanan yang telah diberikan kepada masyarakat. Diharapkan dengan sistem ini pelayanan menjadi lebih baik karena lebih terkontrol, termonitor dan bisa memberikan sumbangan informasi mengenai kinerja pegawai pemerintah desa.