Menumbuhkan Ekonomi Kreatif Berbasis UMKM Melalui Adopsi Elektronik Commerce

Abstract

Pengembangan ekonomi kreatif melalui UMKM memberikan arah kepada masyarakat untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan tanpa batas waktu, batas daerah dan batas latar belakang pendidikan. Kegiatan PKM merupakan salah satu wujud keterlibatan perguruan tinggi dalam rangka transformasi pengetahuan. Adapun bentuk kegiatan adalah pembelajaran masyarakat dengan gaya penyampaian seminar. Tujuan kegiatan PKM adalah memberikan pembelajaran dan penguatan kemampuan, potensi dan aset masyarakat. Strategi penyampaian materi seminar meliputi penyampaian fakta, penyampaian konsep, penyampaian prinsip, penyampaian prosedur dan penyampaian afektif. Hasil dari kegiatan PKM para siswa/i menyadari adanya sumberdaya lokal yang berpotensi  sebagai modal ekonomi masyakarat dengan modal intelektual yang kreatif. Produksi masyarakat membutuhkan modal informasi dan teknologi untuk memasarkan produk ke konsumen secara luas namun dengan proses bisnis yang mengedepankan effisensi yaitu mengadopsi e-commerce.