Manfaat Teknologi Informasi dengan Belajar Bahasa Inggris Lewat Video

Abstract

Penelitian ini merupakan seminar hasil pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Panti Asuhan “Murah Hati” yang berlokasi di jl. Trans Kalimantan, Pontianak. Pengabdian ini memfokuskan pada teknologi informasi dan pemanfaatannya, yaitu belajar lewat video untuk membantu siswa dalam proses belajar bahasa Inggris. Dengan kegiatan PKM ini diharapkan bisa memfasilitasi dan membantu siswa menyelesaikan permasalahan belajar bahasa Inggris yang dihadapi seperti kekurangan sumber pembelajaran autentik, permasalahan pengucapan yang benar, permasalahan listening, masalah kosakata, dan permasalahan belajar lainnya dengan memanfaatkan teknologi yang ada, yaitu belajar dengan menggunakan video. Kegiatan seminar pengabdian ini diikuti oleh 30 peserta, yaitu 19 peserta SMP dan 11 peserta SMA, dengan latar belakang pengetahuan dan level bahasa Inggris yang berbeda. Dari hasil pengamatan dan kegiatan seminar pengabdian ini terlihat peserta begitu antusias, dibuktikan dengan partisipasi peserta dalam kegiatan PKM ini. Selanjutnya  ditayangkan beberapa video dengan teknik sistematis  untuk keefektifan pembelajaran bahasa Inggris. Kualitatif dan kuantitatif data merupakan teknik pengambilan data dalam seminar pengabdian pada masyarakat ini, berupa hasil fieldnotes selama  kegiatan berlangsung dan hasil test tertulis untuk mengetahui keefektifas penggunaan video. Hasilnya menunjukkan bahwa  penggunaan video dalam pembelajaran begitu efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga bisa membantu menyelesaikan permasalahan belajar bahasa Inggris yang dihadapi selama ini