IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS KARAKTER DI SDIT KOTA JAMBI

Abstract

Tujuan dari penulisan ini Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Karakter Di Sdit Kota Jambi untuk meningkatkan keseimbangan antara kompetensi spiritual, sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Salah satu caranya dengan menerapkan pembelajaran tematik integratif di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pembelajaran tematik integratif di SDIT Kota Jambi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan analisis data model Hiles dan Huberman. Uji keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran tematik integratif pada tahap persiapan, proses pembelajaran, dan penilaian. Kesimpulan penulisan ini : (a) Perencanaan pembelajaran tematik berbasis karakter di SDIT Kota Jambi sudah menunjukkan adanya pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam pembelajaran tematik, yang didukung dengan adanya pengintegrasian kurikulum keterpaduan di SDIT Kota Jambi; (b) Pelaksanaan pembelajaran tematik tidak berjalan sesuai dengan perencanaan, namun tidak menghilangkan tujuan pembelajaran dan pengintegrasian nilai karakter, dikarenakan hari aktif yang berlaku di SDIT Kota Jambi hanya lima hari; dan (c) Penilaian pembelajaran tematik di SDIT Kota Jambi dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik.