Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences di TK Tunas Harapan Tambakrejo Ngaglik Sleman
Abstract
This research aims to enhance the activity and creativity of multiple intelligence-based early childhood learning and evaluation to determine the application of multiple intelligence-based early childhood in TK Tunas Harapan, Tambakrejo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. This research is a qualitative descriptive study; data collection techniques performed using the method of observation, interviews, anecdotal notes, and documentation. The results showed that the development of multiple intelligence-based early childhood learning in early childhood in TK Tunas Harapan done by integrating it into the learning material prepared curriculum. In addition, the development of multiple intelligence learning is done by playing a role, singing, storytelling, field trips involving children directly in the activities, discussions, and streets. Learning that involves the entire intelligence of the students will have a positive impact for the future of the child. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kreatifitas pembelajaran PAUD berbasis multiple intelligence dan untuk mengetahui penerapan evaluasi PAUD berbasis multiple intelligence di TK Tunas Harapan, Tambakrejo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif; teknik pengumpulan datanya dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan anekdot, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran PAUD berbasis multiple intelligence pada anak usia dini di TK Tunas Harapan dilakukan dengan cara mengintegrasikannya ke dalam materi pembelajaran yang disusun pada kurikulum. Selain itu, pengembangan pembelajaran multiple intelligence dilakukan dengan bermain peran, bernyanyi, bercerita, karya wisata melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan, berdiskusi, dan jalan-jalan. Pembelajaran yang melibatkan seluruh kecerdasan anak didik akan berdampak positif bagi masa depan anak.