Metode Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku Siswa MTs N Ngawen Gunungkidul

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan dan mengetahui metode penanaman akhlak dalam pembentukan perilaku Siswa MTs N Ngawen Gunung Kidul. 2) mengetahui problematika penanaman akhlak dalam Pembentukan PerilakuĀ  Siswa MTs N Ngawen Gunungkidul. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk memperkaya khazanah keilmuan dan sebagai tolok ukur bagi setiap guru dalam peranannya dibidang belajar mengajar dan dapat menjadi masukan bagi semua pihak yang berkompeten dalam bidang pendidikan, khususnya guru.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Obyek penelitian ini adalah Metode Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku Siswa MTs N Ngawen Gunungkidul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metodeĀ  Penanaman Akhlak dalam Pembentukan Perilaku siswa MTs N Ngawen Gunungkidul melalui Metode cerita, Metode keteladanan, Metode latihan pembiasaan, Metode demonstrasi dan Metode ganjaran dan hukuman. Problematika yang dihadapi dalam penanaman akhlak adalah; terdiri dari faktor luar dan faktor dalam. Faktor dari luar adalah arus globalisasi dan informasi, internet yang sudah dapat diakses di desa-desa, mahalnya biaya hidup, minimnya organisasi keagamaan. Sedangkan problematika dari dalam sendiri adalah; rendahnya masukan (input) madrasah, kondisi ekonomi sosial orang tua siswa, pengelolaan manajemen pembelajaran belum optimal, semangat dan motivasi belajar siswa belum maksimal.