Etika Pergaulan Remaja Muslim yang Ramah Ditinjau dari Konsep Peace Education; Studi di SMA Islam Al Azhar 14 Semarang

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah obervasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Adapun analisis datanya menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melahirkan pemuda Indonesia yang cinta damai di tengah tantangan globalisasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA Islam Al Azhar 14 Semarang dan objek penelitian ini adalah proses kegiatan sehari-hari siswa dari proses pembelajaran maupun kegiatan sehari-hari siswa. SMA Islam Al Azhar 14 Semarang pada prinsipnya menggunakan konsep pendidikan yang Islami, dasarnya Quran dan sunnah, sehingga sebisa mungkin  kita mengarahkan kesana, baik dari segi pergaulannya, tata bicaranya, kebiasaannya, sehingga diharapkan semua meniru apa yang ada di panduan Quran hadits tersebut walaupun pada kenyataannya belum sempurna, karena manusia pada dasarnya Long Life Education, belajar sepanjang hayat sehingga memang perlu penyempurnaan dari berbagai sumber. SMA Al Azhar 14 Semarang menjunjung tinggi keberagaman, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, menjunjung tinggi perdamaian dan juga menjunjung tinggi nilai-nilai perbedaan. melihat kondisi SMA Islam Al Azhar 14 Semarang yang beragam suku, adat dan kebudayaan di dalamnya dapat disimpulkan bahwa penerapan peace education di SMA Islam Al Azhar 14 dapat kita lihat dari kegiatan- kegiatan siswa SMA Al Azhar sehari- harinya yang positif, tidak anarkis, saling menghargai satu sama lain. Jika ditinjau dari background Al Azhar yang bernuansa Islam, sudah dapat mendukung penerapan konsep peace education tersebut.