Pengembangan Peraturan Kelas sebagai Upaya Kuratif Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV MIN Yogyakarta

Abstract

Basic education plays an important role in shaping the student’s personallity. A student who has a good personallity is reflected i behavioral changes in accordance with class rules that has been agreed. Therefore, the effort to develop class rules becomes a whorthy study. This qualitative research acquires information from research objectives, which reffered to as informats or respondents through data collection instruments such as in-depth interview method, passive participant observation, and documentation method. The process of data analysis inthis study uses data analysis which is proposed by Miles and Huberman that is an activity in the analysis of quantitative data interactively and lasted continously until throughly finished, so that the data is saturated. This study concludes that the development of the fourth grade MIN rule (Madrasah Ibtidaiyah Negeri) in the general is able to overcome student deviant behavior and contribute to student achievement. Keywords: Class Rule, Deviant Behavior, Integrated Thematic Learning  Abstrak Pendidikan dasar memegang peran penting dalam membentuk kepribadian siswa. Kepribadian siswa yang baik salah satunya tercermin dari perubahan perilaku sesuai dengan peraturan kelas yang telah disepakati. Oleh karena itu, usaha pengembangan peraturan kelas menjadi kajian yang patut dilakukan. Penelitian kualitatif ini menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian, yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti metode wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan metode dokumentasi. Adapun untuk proses analisis data kualitatif dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang dikemukakan Miles dan Huberman yaitu aktivitas dalam analisis data kualitatif secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan peraturan kelas yang diterapkan oleh kelas IV A MIN Yogyakarta I secara umum mampu mengatasi perilaku menyimpang siswa dan berkontribusi terhadap prestasi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Peraturan Kelas, Perilaku Menyimpang, Pembelajaran Tematik Terpadu