Korelasi Strategi Marketing dan Kualitas Madrasah dengan Animo Masyarakat dalam Memilih Madrasah sebagai Tempat Pendidikan Anak

Abstract

Madrasah quality certainly consider a marketing strategy that is used with the aim of getting the prospective students who Excel and Excel through diverse media promotion as determined by their respective cultures, needs and environmental conditions the prospective student. The society chose the madrasah not quality implies some problems such as a madrasah) output 1 has not yet reached the expected target communities, 2) lack of socialization in society course, 3) the quality of graduates madrasah that has not been able to compete with public schools. Therefore, the aim in this study is to analyze the level of marketing strategy, the quality of the madrasah and animo community as well as to analyze the correlation of madrasah quality and marketing strategy with community interests. As for korelasinya certainly has a significant relationship between marketing strategy and the quality of the madrasah with community interests in choosing the madrasah as a child in the neighborhood institution Kamasan Village Monjok town of Mataram is evidenced by the significance level of 0.000 < 0.05. Keywords: Marketing Strategy, Quality of Madrasah, Animo Community Abstrak                                                        Madrasah yang berkualitas tentu mempertimbangkan strategi marketing yang digunakan dengan tujuan mendapatkan para calon siswa-siswi yang unggul serta berprestasi melalui beragam media promosi yang ditentukan oleh masing-masing budaya, kebutuhan dan kondisi lingkungan calon muridnya. Masyarakat memilih madrasah yang tidak berkualitas berimplikasi pada beberapa permasalahan seperti 1) output madrasah yang belum mencapai target yang diharapkan masyarakat, 2) kurangnya sosialisasi dalam mengikuti program masyarakat, 3) kualitas lulusan madrasah yang belum mampu bersaing dengan sekolah umum. Oleh karena itu, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat strategi marketing, kualitas madrasah dan animo masyarakat serta untuk menganalisis korelasi strategi marketing dan kualitas madrasah dengan animo masyarakat. Adapun korelasinya tentu memiliki hubungan yang signifikan antara strategi marketing dan kualitas madrasah dengan animo masyarakat dalam memilih Madrasah sebagai lembaga pendidikan anak di lingkungan Kamasan Kelurahan Monjok Kota Mataram dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,000 <  0,05. Kata Kunci: Strategi Marketing, Kualitas Madrasah, Animo masyarakat