Peningkatan Kompetensi Guru MI dalam Menyusun Rancangan Penilaian Berbasis Kelas melalui Supervisi Pengawas di MI Binaan Wilayah Kecamatan Ngawen

Abstract

Abstract To produce graduates who have the ability intact as expected at the unit level education curriculum (KTSP), learners are expected to master the competencies set. Related to it, required the development of competency training/learning in a systematic and integrated, so that learners can master every competency completely. The purpose of the Research Actions Kepengawasan (PTKp) this is to know the teacher competency improvement MI compiling a draft class-based assessment through the supervision of Trustees on MI Assisted Subdistrict Ngawen Gunungkidul, years of Lessons 2015/2016. Kepengawasan action research (PTKp) was conducted in three cycles. From the results of the actions carried out proved to be able to increase the competence of teachers by achieving the ideal standard. Action on the cycle I average score gains 62,36%. In cycle II, the average score rose to 71.81% gain. Cycle III obtaining an average score of 77.86%. It can be inferred, this action research shows that coaching through the supervision of supervisors can improve the competency of teachers MI in drafting class-based assessment in Assisted Districts MI Ngawen Gunungkidul. Keywords: Competence of the Teacher, Draft Learning Outcomes Assessment, Supervision Of Trustees.   Abstrak Untuk menghasilkan tamatan yang mempunyai kemampuan utuh seperti diharapkan pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), peserta didik diharapkan menguasai kompetensi yang ditetapkan. Berkaitan dengan hal tersebut, diperlukan pengembangan pembelajaran/pelatihan kompetensi secara sistematis dan terpadu, agar peserta didik dapat menguasai setiap kompetensi secara tuntas. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kepengawasan (PTKp) ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru MI dalam menyusun rancangan penilaian berbasis kelas melalui supervisi pengawas pada MI Binaan Wilayah Kecamatan Ngawen, Gunungkidul tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kepengawasan (PTKp) ini dilakukan dalam 3 siklus. Dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru dengan mencapai standar ideal. Tindakan pada siklus I rata-rata skor perolehan 62,36%. Pada siklus II rata-rata skor perolehan meningkat menjadi 71,81 %. Pada siklus III perolehan skor rata-rata 77,86 %. Dapat disimpulkan,  penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi pengawas dapat meningkatkan kompetensi guru MI dalam menyusun rancangan penilaian berbasis kelas di MI Binaan Wilayah Kecamatan Ngawen Gunungkidul. Kata Kunci: Kompetensi Guru, Rancangan Penilaian Hasil Belajar, Supervisi Pengawas