Penerapan Metode Terpadu dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar IPA di MTs Negeri Gondowulung Bantul

Abstract

Abstract This study aims to determine how big an effort to implement an integrated method can increase the activity of learning and learning outcomes. This study is a class action (Classroom Action Research). The study took place in two cycles. Each cycle consists of two meetings, each cycle is carried out through four stages: planning (planning), action (enforcement action), observation (observation), and reflecting (reflection). The subjects of this study were students VII-C MTsN Gondowulung Bantul 2012-2013 school year. The results showed that the implementation of learning science using an integrated method can increase the activity and student learning outcomes. It can be seen from the positive activity during the execution of a small test of 64.71% in the first meeting to be 100% at the last meeting. During the learning takes a good activity increased from 39.68% to 42.70%. Group discussion activities also increased where the activities ask and explain increased from 25.00% in the first meeting be 36.60% at the last meeting. Student learning outcomes also increased, from an average value on a daily test I is 62.36, daily test II was 62.68 and in the first cycle test was 67.94, and the second cycle test is 72.06. Keywords: Integrated Methods, Activities, Results Learning, Science   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya penerapan metode terpadu dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).  Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap yaitu: planning (perencanaan), action (pelaksanaan tindakan), observation (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa VII-C MTsN Gondowulung Bantul tahun ajaran 2012-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode terpadu dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas positif selama pelaksanaan tes kecil dari 64,71% di pertemuan pertama menjadi 100% pada pertemuan terakhir. Selama pembelajaran berlangsung kegiatan potitif meningkat dari 39,68% menjadi 42,70%. Kegiatan diskusi kelompok juga meningkat dimana kegiatan bertanya dan menjelaskan meningkat dari 25,00% di pertemuan pertama menjadi 36,60% pada pertemuan terakhir. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata rata pada ulangan harian I adalah  62,36, ulangan harian  II adalah 62,68 dan pada tes siklus I adalah  67,94, serta pada tes siklus II adalah 72,06. Kata Kunci: Metode Terpadu, Aktifitas, Hasil Belajar, IPA Abstract This study aims to determine how big an effort to implement an integrated method can increase the activity of learning and learning outcomes. This study is a class action (Classroom Action Research). The study took place in two cycles. Each cycle consists of two meetings, each cycle is carried out through four stages: planning (planning), action (enforcement action), observation (observation), and reflecting (reflection). The subjects of this study were students VII-C MTsN Gondowulung Bantul 2012-2013 school year. The results showed that the implementation of learning science using an integrated method can increase the activity and student learning outcomes. It can be seen from the positive activity during the execution of a small test of 64.71% in the first meeting to be 100% at the last meeting. During the learning takes a good activity increased from 39.68% to 42.70%. Group discussion activities also increased where the activities ask and explain increased from 25.00% in the first meeting be 36.60% at the last meeting. Student learning outcomes also increased, from an average value on a daily test I is 62.36, daily test II was 62.68 and in the first cycle test was 67.94, and the second cycle test is 72.06. Keywords: Integrated Methods, Activities, Results Learning, Science   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar upaya penerapan metode terpadu dapat meningkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research).  Penelitian berlangsung dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap yaitu: planning (perencanaan), action (pelaksanaan tindakan), observation (pengamatan), dan reflecting (refleksi). Subyek penelitian ini adalah siswa VII-C MTsN Gondowulung Bantul tahun ajaran 2012-2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan metode terpadu dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktifitas positif selama pelaksanaan tes kecil dari 64,71% di pertemuan pertama menjadi 100% pada pertemuan terakhir. Selama pembelajaran berlangsung kegiatan potitif meningkat dari 39,68% menjadi 42,70%. Kegiatan diskusi kelompok juga meningkat dimana kegiatan bertanya dan menjelaskan meningkat dari 25,00% di pertemuan pertama menjadi 36,60% pada pertemuan terakhir. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dari nilai rata rata pada ulangan harian I adalah  62,36, ulangan harian  II adalah 62,68 dan pada tes siklus I adalah  67,94, serta pada tes siklus II adalah 72,06. Kata Kunci: Metode Terpadu, Aktifitas, Hasil Belajar, IPA