Metode Yanbu’a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul

Abstract

Abstract Background this study was a weak ability to read the Qur'an in children. Application of the method of Yanbu'a expected to be a method of learning that can enhance the success of learning. The research is the Research Action class (PTK) that approximate, by taking the location in the RA Permata Hati. Data collection is done by holding observation, interview and documentation. Data analysis was done by giving meaning to the data that was successfully collected, and of the meaning of it is drawn a conclusion. The result of the application of the method of Yanbu'a showed significant improvement in reading skills who originally 42% rose to 57% in cycle 1 and increases to 75% in cycle 2. Thus the method Yanbu'a can improve the ability to read the Qur'an protege Group B-2 in RA Permata Hati Al Mahalli Brajan. Keywords: Metode Yanbu’a, Increased the Ability of Reading Quran Abstrak Latar belakang penelitian ini adalah lemahnya kemampuan membaca Al Qur'an pada anak. Penerapan metode Yanbu'a diharapkan mampu menjadi metode belajar yang dapat meningkatkan keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif, dengan mengambil lokasi di RA Permata Hati. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Hasil dari penerapan metode Yanbu'a menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, yaitu pada kemampuan membaca yang awalnya 42% naik menjadi 57% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 75% pada siklus 2. Dengan demikian metode Yanbu'a dapat meningkatkan kemampuan membaca Al Qur'an anak didik Kelompok B-2 di RA Permata Hati Al Mahalli Brajan. Kata Kunci: Metode Yanbu’a, Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran