Peningkatan Kemampuan Praktek Shalat melalui Metode Demonstrasi dengan Media Audio Visual pada Kelompok B-1 RA Masyithoh Melikan Bantul
Abstract
Abstract This study aims to describe the application of the method of demonstration with audio visual media to enhance the capability of the practice to pray on the protégé group B1 RA Masyithoh Melikan. This is done because it is still weak in the learning ability of students to pray. Methods and media are used to enhance the ability of the protégé is a method of demonstration with audio visual media. Data collection is done by holding observation, interviews, and documentation. As for the order of research activities include: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) Reflection. The results showed: 1) the application of the method of demonstration with audio visual media was implemented in two cycles. Prayer is conducted by means of learning: video airplay, video impressions of students pay attention to prayer, then the teacher gives oral explanation afterwards protege mimicked in bertahab from one movement to the other movements, start takbirotul ihrom up greetings. 2) the result of the application of the method of demonstration with audio visual media group B1 RA Masyithoh Melikan in learning the prayer experience a significant improvement. Increased ability of the practice of the prayer is visible from the ability of the early pre-action 42%, rising to 57% in cycle I and have elevated into 79% in cycle II. Thus the method of demonstration with audio visual media can improve the practice of prayer protege group B1 RA Masyithoh Melikan Keywords: Prayer Practice Ability, Demonstration Method, Audio Visual Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan praktek shalat pada anak didik kelompok B1 RA Masyithoh Melikan. Hal ini dilakukan karena masih lemahnya kemampuan anak didik dalam pembelajaran shalat. Metode dan media yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan anak didik tersebut adalah metode demonstrasi dengan media audio visual. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual dilaksanakan dalam dua siklus. Pembelajaran shalat dilaksanakan dengan cara: video diputar, anak didik memperhatikan tayangan video shalat, kemudian guru memberikan penjelasan lisan, setelah itu anak didik menirukan secara bertahab dari gerakan satu ke gerakan yang lain, mulai takbirotul ihrom sampai salam. 2) hasil dari penerapan metode demonstrasi dengan media audio visual pada kelompok B1 RA Masyithoh Melikan dalam pembelajaran shalat mengalami peningkatan yang signifikan. Peningkatan kemampuan praktek shalat terlihat dari kemampuan awal pra tindakan 42%, meningkat menjadi 57% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 79% pada siklus II. Dengan demikian metode demonstrasi dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan praktek shalat anak didik kelompok B1 RA Masyithoh Melikan. Kata Kunci: Kemampuan Praktek Shalat, Metode Demonstrasi, Audio Visual