Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016

Abstract

Guru Bimbingan dan Konseling memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat dan besar baik untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi peserta didik juga memberikan bimbingan belajar agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Bimbingan belajar adalah suatu proses pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah belajar yang dihadapi  peserta didik, sehingga tujuan dari belajar akan tercapai imbingan belajar adalah suatu kegiatan bantuan belajar yang bertujuan agar peserta didik mendapat mencapai hasil belajar secara optimal. Hasil belajar peserta didik khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung ada yang dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 70. Kondisi ini mengharuskan guru Bimbingan dan Konseling menerapkan bimbingan belajar agar hasil belajar peserta didik dapat meningkat, sehingga rumusan masalah yang diajukan “Bagaimana penerapan bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016"?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan   apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Alat pengumpul data yaitu metode observasi, interview   dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan dan analisis data langkah yang digunakan yaitu reduksi data, display data yaitu proses pemilihan dan penyederhanaan data, display daya yaitu penyajian data secara utuh dan verifikasi data yaitu proses penarikan kesimpulan. Kata kunci : Penerapan bimbingan belajar, hasil belajar