Pengaruh Assertiveness Training Terhadap Konsep Diri pada Peserta Didik Kelas X Di SMK N 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016

Abstract

Konsep diri sangat penting bagi kehidupan seseorang karna dengan adanya konsep diri maka seseorang dapat mengontrol prilakunya dan dapat mengetahui mana yang baik dan buruk baginya. Adapun masalah konsep diri peserta didik dapat dikategorikan masalah pribadi sosial, karena peserta didik yang memiliki konsep diri negatif tidak hanya berpengaruh buruk terhadap perkembangan dirinya, akan tetapi juga berpengaruh pada reaksi terhadap situasi dilingkungannya. Assertiveness Training merupakan latihan keterampilan sosial yang diberikan kepada individu yang diganggu kecemasan, tidak mampu mempertahankan hak-haknya, terlalu lemah, membiarkan orang lain merongrong dirinya, serta tidak mampu mengekspresikan amarahnya dengan benar dan cepat tersinggung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh assertiveness training terhadap konsep diri pada peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menurut sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif kuwantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik kuesioner, observasi, interview dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data pertama editing, coding, data entri, dan cleaning kemudian untuk mengetahui keberhasilan eksperimen dengan menggukan uji t dan dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian diperoleh bahwa, konsep diri peserta didik kelas X di SMK negeri 5 Bandar Lampung dapat dipengaruhi dengan konseling asertivenes training.hal itu dapat terlihat dengan: adanya perubahan sikap dari sebelum dan setelah di berikan perlakuan dengan konseling asertivenes traing, dan berdasarkan uji pengaruh dengan uji t di dapat t hitung > dari t tabel atau (4,004>2) yang artinya adanya pengaruh konseling asertivenes terhadap konsep diri peserta didik.