Dakwah & Media Sosial Eksistensi Da’i Melalui Youtube

Abstract

Tulisan ini akan membahas tentang dakwah melalui media sosial. Proses menyampaikan pesan dakwah yang cenderung monoton akan mengakibatkan kurang optimalnya pesan dakwah yang disampaikan oleh seorang da’i. Hal ini tentu sebuah tantangan yang harus dijawab agar pesan tersebut dapat diterima dengan baik oleh masyarakat umum. Metode ceramah yang selama ini masih banyak digunakan harus menemukan formulasi yang fresh sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan teknologi yang sekarang menjadi kebutuhan setiap orang di masyarakat. Media sosial merupakan salah satu alat yang cocok untuk berdakwah di era modernisasi saat ini. Youtube misalnya. Dengan menggunakan youtube segala hal yang berkaitan dengan dengan apapun termasuk materi dakwah dapat dengan mudah diterima di kalangan masyarakat luas. Menggunakan  teori media sosial Anthony Mayfield, dakwah melalui media sosial ini setidaknya mampu menjawab tantangan tersebut.