PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MAPEL MATEMATIKA MELALUI RAPAT KERJA KKG SEKOLAH DI SD NEGERI TEGALWANGI 01

Abstract

<p>Permasalahan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah bahwa dari hasil wawancara menunjukkan bahwa guru SD Negeri Tegalwangi 01 dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal tidak berdasarkan analisis dan tidak memperhatikan prinsip serta langkah-langkah penetapan yang benar. Kondisi tersebut masih jauh yang diharapkan. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah ini untuk meningkatkan kemampuan guru SD Negeri Tegalwangi 01 dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 kegiatan untuk setiap siklusnya yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, penugasan, dan dokumentasi. Data hasil observasi dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan hasil penugasan dianalisis dengan analisis kuantitatif komparatif yaitu dengan membandingkan hasil tugas siklus 1 dan tugas siklus 2. Hasil penelitian tindakan sekolah ini menunjukkan bahwa Rapat Kerja KKG Sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru SD Negeri Tegalwangi 01 dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal mata pelajaran matematika yakni pada pra siklus 25%, pada siklus 1 naik menjadi 75% dan pada siklus 2 naik lagi menjadi 91%.</p><p> </p><p>Kata Kunci        : <em>Kriteria Ketuntasan Minimal, Mutu Pendidikan dan Profesi Guru, Rapat Kerja KKG Sekolah</em></p>