PENGARUH PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH TERHADP HASIL BELAJARPADA POKOK PEMBAHASAN GEOMETRI DIMENSI TIGA

Abstract

<p>Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diketahui dari tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Pelajaran matematika, khususnya materi geometri terasa sulit diberikan kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar matematika siswa yang menggunakan <em>macromedia flash</em> dalam pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Kapetakan Kabupaten Cirebon Tahun ajaran 2017/2018. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan rancangan desain <em>Randomized Control Group Only Design</em>. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dengan uji hipotesis menggunakan uji <em>Independent sampel t-test</em>. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Respon siswa terhadap penggunaan <em>macromedia flash</em> pada pokok bahasan geometri dimensi tiga tergolong cukup baik. Terdapat pengaruh penggunaan <em>macromedia flash</em> terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian selanjutnya dapat menggunakan <em>macromedia flash</em> untuk semua mata pelajaran sekolah dan alat yang diukur bisa lebih variatif.</p>Kata Kunci: Macromedia Flash, Hasil Belajar, Dimensi Tiga