PEMBENTUKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL SAVI BERBASIS DISCOVERY STRATEGY MATERI DIMENSI TIGA KELAS X
Abstract
<p>Pembelajaran matematika materi dimensi tiga sering mengalami kesulitan, salah satu faktor penyebabnya adalah karena rendahnya kreativitas siswa dalam belajar. Salah satu alternatif yang diberikan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan cara menentukan strategi pembelajaran yang inovatif. Salah satu pembelajaran inovatif yang akan dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu pembelajaran model SAVI berbasis <em>discovery strategy </em>yang diartikan sebagai teknik pengajaran yang melibatkan semua indera siswa dalam mencari dan menemukan suatu konsep matematika melalui cara berpikir kreatif<em>. </em>Kegiatan pembelajaran ini memfokuskan siswa pada proses penemuan suatu konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil dari proses yang berdampak pada pembentukan karakter kreatif pada diri siswa pada pembelajaran matematika materi dimensi tiga dengan pendekatan model SAVI berbasis <em>discovery strategy.</em> Subjek penelitian diambil dari 6 siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda (heterogen) yaitu dengan pengelompokan kelompok atas (kemampuan tinggi), tengah (kelompok sedang), dan bawah (kelompok bawah). Teknik Pengambilan data diperoleh dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen yang digunakan lembar observasi dan pedoman wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dengan uji gain dan triangulasi. Hasil pengamatan kemandirian pada penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata peningkatan karakter kreatif siswa dari pertemuan I sampai V pada subjek terpilih dihasilkan sebesar 78,20 artinya peningkatan pembentukan pada kriteria baik.</p><p> </p><p><strong>Kata Kunci: </strong><em>Pembelajaran Model SAVI berbasis discovery strategy, K</em><em>eterampilan Berpikir Kreatif</em><strong></strong></p>