PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS-ON PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-E SMPN 1 CIREBON TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
<p><em>Pada pembelajaran matematika, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menerapkan matematika ke dalam masalah-masalah kontekstual pada kehidupan sehari-hari, agar pembelajaran lebih bermakna dan siswa merasa lebih termotivasi. Selain itu, dengan adanya tuntutan kurikulum 2013, pembelajaran lebih terpusat pada siswa, sehingga siswa dituntut untuk lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar, namun berdasarkan observasi awal juga, bahwa fakta yang terdapat di SMPN 1 Cirebon menunjukkan belum semua siswa aktif di kelas, dan 60% hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Hal ini terungkap, bahwa proses pembelajaran matematika membutuhkan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif, salah satunya adalah metode pembelajaran </em><em>hands-on.</em><em></em></p><p><em>Penelitian dilaksanakan berdasarkan rumusan masalah yaitu: apakah </em><em>penerapan pembelajaran berbasis hands-on dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistikadi Kelas IX-E SMPN 1 tahun pelajaran 2015/2016 </em></p><p><em>Penelitian ini dilaksanakan pada Siswa kelas IX-E SMPN 1</em><em> </em><em>Cirebon</em><em> pada pokok bahasan </em><em>statistika</em><em>. Penelitian ini </em><em>melalui p</em><em>enerapan </em><em>Hands-on</em><em> merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan selama 2 pertemuan dengan menggunakan beberapa instrumen penelitian, yaitu instrumen observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan instrumen tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa.</em></p><p><em>Penerapan metode hands-on dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-E SMPN 1 Cirebon tahun pelajaran 2015/2016 pada materi statsitika . Hal ini ditujukkan pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 77 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 51% masuk kategori belum berhasil. Pada siklus 2 terjadi peningkatan, untuk nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 79 dengan persentase ketuntasan belajar kalasikal sebesar 92% dalam kategori berhasil. Penerapan metode hands-on dapat meningkatkan aktivitas belajar Siswa kelas IX-E SMPN 1 Cirebon tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan terhadap siswa pada siklus 1 diperoleh skor sebesar 65,7 dalam kategori sedang, kemudian meningkat di siklus 2 sebesar 81 dalam kategori baik.</em></p><p><em> </em></p><p><strong><em>Keyword </em></strong><em>: Hands-on, hasil belajar</em></p>