IMPLEMENTASI MODEL EJAS BERBASIS MATHEMATIC EDUTAIMENTUNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN PERILAKU KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN
Abstract
<p class="Sammary"><em>Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui </em><em>model</em><em> EJAS berbasis mathematic edutainment</em><em> dan (</em><em>2) untuk mengetahui peningkatan perilaku kepedulian lingkungan pada peserta didik melalui model EJAS berbasis mathematic edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Desain penelitian yang digunakan one group pre test-post test. </em><em>Teknik pengambilan sampel</em><em> menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis didapatkan (1) terjadi peningkatan prestasi belajar dengan tingkat peningkatan rendah sebesar 0%, sedang 14,29%, dan tinggi 85,71 %. Secara klasikal diperoleh nilai normalized gain <strong> </strong>sebesar 90% atau 0,9 yang berarti tafsiran peningkatan prestasi belajar termasuk kategori tinggi (2) terjadi peningkatan terjadi peningkatan perilaku kepedulian terhadap lingkungan dengan skor peningkatan rendah sebesar 0%, sedang sebesar 42,86%, dan tinggi sebesar 57,14%. Berdasarkan nilai normalized gain <strong></strong> secara klasikal diperoleh sebesar 73% atau 0,73 yang berarti tafsiran peningkatan perilaku kepedulian terhadap lingkungan yang terjadi termasuk kategori tinggi. </em></p><p class="KeywordsHeader"><strong><em>Kata kunci:</em></strong><em> </em><strong><em>E</em></strong><strong>JAS, </strong><strong><em>Mathematic Edutainment</em></strong><strong>, Peduli Lingkungan, Prestasi Belajar</strong><strong><em></em></strong></p><p class="Sammary"><em><br /></em></p>