MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH KAJIAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODERN MELALUI PEMBELAJARAN KOLABORATIF MURDER (Studi Kuasi Eksperimen terhadap Mahasiswa Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Abstract
<p class="Sammary"><em>Penelitian ini bertujuan untuk menelaa</em><em>h </em><em>perbedaan peningkatan kemampuan </em><em>analisis matematis </em><em>antara </em><em>maha</em><em>siswa yang me</em><em>mperoleh</em><em> pembelajaran </em><em>kolaboratif MURDER</em><em> d</em><em>eng</em><em>an </em><em>maha</em><em>siswa yang me</em><em>mperoleh</em><em> pembelajaran konvensional</em><em> pada mata kuliah Kajian Pembelajaran Matematika Modern, </em><em>serta </em><em>untuk mengetahui respon</em><em> </em><em>maha</em><em>siswa terhadap pembelajaran </em><em>kolaboratif MURDER</em><em>.</em><em> Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan disain penelitian yang digunakan adalah</em><em> pretest posttest control group</em><em> design</em><em>. </em><em>Kel</em><em>as </em><em>eksperimen me</em><em>mperoleh</em><em> </em><em>pembelajaran </em><em>kolaboratif MURDER</em><em> dan kel</em><em>as</em><em> kontrol me</em><em>mperoleh</em><em> pembelajaran konvensional</em><em>. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan </em><em>analisis matematis dan angket respon maha</em><em>siswa</em><em>.</em><em> Penelitian dilakukan di </em><em>IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada semester ganjil tahun akademik 2015/2016</em><em>. Populasi penelitian ini adalah </em><em>seluruh mahasiswa jurusan Tadris Matematika IAIN Syekh Nurjati Cirebon d</em><em>engan sampel penelitian adalah </em><em>seluruh mahasiswa jurusan Tadris Matematika yang mengambil mata kuliah Kajian Pembelajaran Matematika Modern, dengan kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 38 orang mahasiswa. </em><em>Analisis data dilakukan terhadap r</em><em>erata</em><em> gain ternormalisasi kedua kelompok sampel.</em><em> </em><em>Hasil penelitian menunjukkan bahwa </em><em>p</em><em>eningkatan kemampuan </em><em>analisis matematis maha</em><em>siswa </em><em>yang memperoleh pembelajaran kolaboratif MURDER</em><em> </em><em>lebih tinggi daripada</em><em> </em><em>p</em><em>eningkatan kemampuan </em><em>analisis matematis mahasiswa yang memperoleh </em><em>pembelajaran konvensional. Analisis data angket </em><em>respon mahasiswa </em><em>menunjukkan bahwa sebagian besar </em><em>mahasiswa</em><em> </em><em>memberikan respon</em><em> positif terhadap pembelajaran</em><em> kolaboratif MURDER.</em></p><p class="Sammary"><em> </em></p>Keywords: Analisis, Matematis, Kolaboratif, MURDER