PENGARUH MOTIVASI DAN PERSEPSI SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTS AL-HIDAYAH DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON (POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK).
Abstract
<p><em>Penelitian ini merupakan hasil pengukuran motivasi, persepsi dan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi ganda. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sejumlah 46 siswa di MTs Al-Hidayah Dukupuntang Cirebon. Data tingkat motivasi dan persepsi siswa diperoleh melalui angket, sedangkan data prestasi belajar matematika diperoleh dari hasil tes matematika pokok bahasan kubus dan balok. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa motivasi belajar sebesar 35% siswa termasuk dalam kategori rendah. Persepsi siswa pada matematika sebesar 37% siswa masuk dalam kategori sedang. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa menunjukkan prestasi yang cukup baik yaitu sebanyak 39% siswa. Pengaruh motivasi dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar </em><em>0,935. Hal ini menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh motivasi dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 93,5% </em><em>melalui fungsi taksiran </em><em>= -83,724 + 0,532X</em><em>1 + 0,754X</em><em>2. Hasil uji hipotesis dengan uji F diperoleh F</em><em>hitung > F</em><em>tabel yaitu (325,401 > 3,21) dengan signifikasi 0,000 < 0,05 maka H</em><em>0 ditolak. Jadi motivasi dan persepsi siswa secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Al-Hidayah Dukupuntang Kab. Cirebon.</em></p><p> </p><p><em>Kata kunci : Motivasi, Persepsi pada Matematika, Prestasi Belajar</em></p><em>Matematika.</em>