Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok

Abstract

<p><em>Bahan ajar matematika sangat penting bagi siswa karena membantu proses belajar</em></p><p><em>mengajar dan dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa. Kebanyakan bahan ajar menggunakan bahasa yang tinggi sehingga membuat siswa kurang menarik dan kurang motivasi untuk belajar.</em></p><p> </p><p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik bahan ajar berbasis komputer  yang  dikembangkan  dan  bagaimana  efektivitas  bahan  berbasis  komputer yang dikembangkan.</em></p><p> </p><p><em>Jenis penelitian ini adalah penelitian R&amp;D. Bahan ajar berbasis komputer diujicobakan pada siswa kelas VIII D di MTs N 2 Losari Cirebon. Hasil perhitungan yang di dapat bahwa  karakteristik  bahan  ajar  berbasis  komputer  yang  dinilai  oleh  ahli  media memiliki  rata-rata  sebesar  36,00  dengan  prosentase  keidealan  sebesar  90%  yang dinilai “<strong>Baik</strong>”. Sedangkan ahli materi menilai bahan ajar berbasis komputer “<strong>Sangat Baik</strong>” dengan rata-rata sebesar 47,50 dengan prosentase keidealan 79%. Untuk uji keefektivan menggunakan uji-t related dengan taraf keyakinan sebesar 95% dan </em>a <em>=</em></p><p><em>5%   diperoleh   t</em><em>h</em><em>i</em><em>t</em><em>u</em><em>n</em><em>g     sebesar   3.538   sedangkan   t</em><em>t</em><em>a</em><em>b</em><em>e</em><em>l    sebesar   2,011.   Dan   hasil menunjukkan bahwa t</em><em>h</em><em>it</em><em>u</em><em>n</em><em>g &gt; t</em><em>t</em><em>ab</em><em>e</em><em>l.</em></p><p> </p><p><em>Dapat  disimpulkan  bahwa  terdapat  perbedaan  yang  signifikan  pada  bahan  ajar berbasis komputer dan bahan ajar lama, dimana bahan ajar berbasis komputer lebih efektif digunakan sebagai bahan ajar pada materi kubus dan balok dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.</em></p><p> </p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>: bahan ajar, komputer, hasil belajar</em>