Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komputer dalam Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok
Abstract
<p><em>Bahan ajar matematika sangat penting bagi siswa karena membantu proses belajar</em></p><p><em>mengajar dan dapat dilakukan secara mandiri oleh siswa. Kebanyakan bahan ajar menggunakan bahasa yang tinggi sehingga membuat siswa kurang menarik dan kurang motivasi untuk belajar.</em></p><p> </p><p><em>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik bahan ajar berbasis komputer yang dikembangkan dan bagaimana efektivitas bahan berbasis komputer yang dikembangkan.</em></p><p> </p><p><em>Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D. Bahan ajar berbasis komputer diujicobakan pada siswa kelas VIII D di MTs N 2 Losari Cirebon. Hasil perhitungan yang di dapat bahwa karakteristik bahan ajar berbasis komputer yang dinilai oleh ahli media memiliki rata-rata sebesar 36,00 dengan prosentase keidealan sebesar 90% yang dinilai “<strong>Baik</strong>”. Sedangkan ahli materi menilai bahan ajar berbasis komputer “<strong>Sangat Baik</strong>” dengan rata-rata sebesar 47,50 dengan prosentase keidealan 79%. Untuk uji keefektivan menggunakan uji-t related dengan taraf keyakinan sebesar 95% dan </em>a <em>=</em></p><p><em>5% diperoleh t</em><em>h</em><em>i</em><em>t</em><em>u</em><em>n</em><em>g sebesar 3.538 sedangkan t</em><em>t</em><em>a</em><em>b</em><em>e</em><em>l sebesar 2,011. Dan hasil menunjukkan bahwa t</em><em>h</em><em>it</em><em>u</em><em>n</em><em>g > t</em><em>t</em><em>ab</em><em>e</em><em>l.</em></p><p> </p><p><em>Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada bahan ajar berbasis komputer dan bahan ajar lama, dimana bahan ajar berbasis komputer lebih efektif digunakan sebagai bahan ajar pada materi kubus dan balok dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.</em></p><p> </p><strong><em>Kata kunci</em></strong><em>: bahan ajar, komputer, hasil belajar</em>