PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI

Abstract

<div class="WordSection1"><p><em>Pembelajaran  adalah  suatu  komponen  penting  yang  saling  berkaitan  satu  sama</em></p><p><em>lainnya. Di dalam pembelajaran, adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik adalah peranan penting dalam mencapai tujuan suatu pembelajaran yang diinginkan. Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman materi, penguasaan materi, serta hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi, pembelajaran matematika di MTsN Karangkendal Kec. Kapetakan Cirebon ditemukan beberapa  kelemahan,  diantaranya  adalah  hasil  belajar matematika siswa  di  MTsN Karangkendal rata-rata dibawah nilai KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah.</em></p><p> </p><p><em>Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran snowball throwing.2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing.3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas VIII MTsN Karangkendal dalam pokok bahasan relasi dan fungsi.</em></p><p> </p><p><em>Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian  ini  adalah  seluruh  siswa  kelas  VIII  di  MTsN  Karangkendal  Kapetakan dengan jumlah 283 siswa. Peneliti mengambil sampel pada kelas VIII dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari jumlah populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Dari 8 kelas yang ada, peneliti mengambil 1 kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII F.</em></p><p> </p><p><em>Hasil penelitian diperoleh persamaan regresinya adalah Y = 41,252 + 0,142 X. Nilai t</em><em>h</em><em>i</em><em>t</em><em>u</em><em>n</em><em>g   sebesar 0,142 kemudian dibandingkan dengan nilai t</em><em>t</em><em>a</em><em>b</em><em>e</em><em>l  sebesar 2,045. Maka dapat  dilihat  bahwa  nilai  t</em><em>t</em><em>a</em><em>b</em><em>e</em><em>l&gt;  t</em><em>h</em><em>it</em><em>un</em><em>g   atau  2,045  &gt;  0,142,  dengan    demikian  Ho diterima dan Ha ditolak. Koefisien determinasi diperolah (R Square) = 0,005 artinya hasil   belajar   matematika   siswa   pada   pokok   bahasan   relasi   dan   fungsi   0,5% dipengaruhi atau ditentukan oleh model pembelajaran Snowball Throwing, karena pengaruhnya  hanya  0,5%  maka  dapat  dikatakan  tidak ada  penagruhnya  dan  yang</em></p><p><em>99,5% dipengaruhi oleh faktor lain.</em></p><p> </p><p> </p><p>Kata Kunci : <em>pembelajaran, snowball throwing, relasi fungsi</em></p></div>