PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI
Abstract
<div class="WordSection1"><p><em>Pembelajaran adalah suatu komponen penting yang saling berkaitan satu sama</em></p><p><em>lainnya. Di dalam pembelajaran, adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik adalah peranan penting dalam mencapai tujuan suatu pembelajaran yang diinginkan. Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman materi, penguasaan materi, serta hasil belajar peserta didik. Berdasarkan observasi, pembelajaran matematika di MTsN Karangkendal Kec. Kapetakan Cirebon ditemukan beberapa kelemahan, diantaranya adalah hasil belajar matematika siswa di MTsN Karangkendal rata-rata dibawah nilai KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah.</em></p><p> </p><p><em>Penelitian ini bertujuan:1) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran snowball throwing.2) untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran snowball throwing.3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas VIII MTsN Karangkendal dalam pokok bahasan relasi dan fungsi.</em></p><p> </p><p><em>Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN Karangkendal Kapetakan dengan jumlah 283 siswa. Peneliti mengambil sampel pada kelas VIII dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, yaitu pengambilan anggota sampel dari jumlah populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Dari 8 kelas yang ada, peneliti mengambil 1 kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII F.</em></p><p> </p><p><em>Hasil penelitian diperoleh persamaan regresinya adalah Y = 41,252 + 0,142 X. Nilai t</em><em>h</em><em>i</em><em>t</em><em>u</em><em>n</em><em>g sebesar 0,142 kemudian dibandingkan dengan nilai t</em><em>t</em><em>a</em><em>b</em><em>e</em><em>l sebesar 2,045. Maka dapat dilihat bahwa nilai t</em><em>t</em><em>a</em><em>b</em><em>e</em><em>l> t</em><em>h</em><em>it</em><em>un</em><em>g atau 2,045 > 0,142, dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak. Koefisien determinasi diperolah (R Square) = 0,005 artinya hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi 0,5% dipengaruhi atau ditentukan oleh model pembelajaran Snowball Throwing, karena pengaruhnya hanya 0,5% maka dapat dikatakan tidak ada penagruhnya dan yang</em></p><p><em>99,5% dipengaruhi oleh faktor lain.</em></p><p> </p><p> </p><p>Kata Kunci : <em>pembelajaran, snowball throwing, relasi fungsi</em></p></div>